YAMIN HADIE

Selamat Datang di Blog Yamin Hadie. Semakin kita belajar semakin banyak kita lupa, Semakin kita tidak belajar semakin cepat kita pikun
SELAMAT DATANG DI BLOG YAMIN HADIE

Sabtu, 27 Mei 2023

WORKSHOP WISATA DIGITAL IGI SINGKAWANG DUET DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA SINGKAWANG

 

Sabtu, 20 Mei 2023 merupakan hari dimana pelaksanaan workshop pembuatan media pembelajaran digital untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Acara ini merupakan acara yang diselenggarakan Kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang. Tema acara ini yakni Wisata Digital Guru. Workshop pembuatan media pembelajaran digital ini dihadiri oleh ratusan guru dari berbagai sekolah yang ada di Kota Singkawang. Acara dilaksanakan menggunakan sistem IN ON IN yang dimulai tanggal 20 Mei, 27 Mei dan 3 Juni 2023 di Taman Teratai Indah.

Pada acara pembukaan dihadiri oleh Safari Hamzah, S.Ag., M.Si selaku Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kota Singkawang dan Helmi Fauzi, SH selaku Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang dan Alkindi, S.Pd selaku Ketua IGI Kota Singkawang.

Memasuki sesi workshop, dibuka oleh pemateri Andri Suwandi kanal satu guru satu media (sagusamed) dengan materi blog sebagai media pembelajaran. Dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI ini, pemanfaatan blog lebih difokuskan pada membuat blog dengan blogger, mengganti dan mendesain template bawaan blogger, Mendesain header blog, membuat dan mengelola menu blog. Kedepan diharapkan guru-guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran sehingga dapat lebih menarik minat dan perhatian para peserta didik.

Di siang hari setelah istirahat, dilanjutkan dengan materi yang sama dengan sesi sebelumnya, kali ini Andri Suwandi selaku pemateri sagusamed, kembali membimbing sambil menyemangati peserta untuk berkarya khususnya dalam pembutan blog sebagai media pembelajaran. Selanjutnya diisi oleh pemaparan dari Arie Tiyawarman kanal satu guru satu permaianan dalam pembelajaran (SAGUSAPIJAR) dengan materi game pembelajaran wordwall. Para guru diajarkan bagaimana tahapan pembuatan game edukasi dengan wordwall. Dengan menggunakan wordwall game, para guru dapat membuat kuis untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Para peserta terlihat antusias mengikuti seluruh kegiatan workshop ini dan mendapat sambutan yang positif dari para peserta. Salah satu peserta, Yamin Hadie, mengatakan bahwa ia sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. "Saya merasa sangat terbantu dengan adanya pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dan wordwall ini. Saya jadi lebih paham bagaimana cara membuat blog dan membuat game edukasi dengan wordwall untuk mendukung pembelajaran di sekolah," ujarnya.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi para guru di Kota Singkawang untuk belajar dan berbagi pengalaman dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran.

 

0 komentar:

Posting Komentar